KULIAH UMUM – Panduan Riset 2018 & Newton Fund: Pengembangan Aplikasi Ilmu Geografi (Geomorfologi dan Kota Tangguh) dalam Penguatan Riset Bertaraf Nasional dan Internasional

Memperhatikan arti penting pendidikan dalam upaya pembangunan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, merupakan salah satu pioneer yang berkontribusi secara aktif selama setidaknya lima dekade terakhir. Secara khusus, kajian Fakultas Geografi adalah mengembangkan aplikasi ilmu Geografi yang secara eksplisit tertuang pula dalam Nawa Cita, yaitu pada: Tujuan 3. “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan…”.Pendekatan keruangan merupakan salah satu landasan pengembangan ranah keilmuan Geografi yang ternyata menjadi salah satu nuansa dalam pembangunan saat ini.

Terlepas dari arti pentingnya, laju perkembangan keilmuan dalam aspek inovasi teknologi dan komunikasi menjadi salah satu tantangan untuk mengkomunikasikan pengembangan aplikasi ilmu geografi baik dalam skala lokal, regional hingga internasional. Selama ini, diskusi ilmiah dalam ilmu Geografi, seperti ranah keilmuan lainnya, diwadahi dalam suatu program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional, yang kemudian beralih pada Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

Guna menjawab tantangan tersebut Kemrisktek DIKTI memberikan beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan yaitu pendanaan riset yang dituangkan dalam PANDUAN RISET 2018. Selain itu, peluang lainnya yang saat ini perlu menjadi perhatian adalah peluang bertaraf internasional seperti NEWTON FUND, yang menyediakan peluang bagi pemerhati keilmuan bidang Geomorfologi dan Kota Tangguh (Urban Resilience). Peluang-peluang ini menjadi penting untuk diperhatikan bersama guna mensosialisasikan hasil penelitian secara lebih luas baik di skala nasional maupun internasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka sangat penting kiranya jika civitas akademika di bidang Geografi mendapatkan suatu penambahan wawasan terkait hal tersebut dalam suatu kuliah umum. Tujuan kuliah umum ini adalah: menginformasikan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan aplikasi keilmuan geografi melalui suatu penguatan riset yang bertaraf nasional dan internasional melalui PANDUAN RISET 2018 dan NEWTON FUND.

 

Waktu dan Tempat Kegiatan

Hari/tanggal     : Jumat, 17 Maret 2017

Jam                    : 13:30-15:00 WIB

Tempat              : Ruang Auditorium MERAPI, Gd. A Fakultas Geografi UGM, Universitas Gadjah Mada.

Pemateri

  • Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc. (Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (KEMRISTEK-DIKTI))
  • Anissa S. Febrina, S.T., M.Sc. (Research and Innovation Programme Manager, British Embassy)
  • Femmy Soemantri, S.E., M.Dev.St. (Senior Programme Manager, British Council).

Moderator

  • Estuning Tyas Wulan Mei

Target Peserta

  • Dosen, Akademisi, dan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Geografi UGM
  • Dosen, Akademisi, dan Mahasiswa dari luar Fakultas Geografi UGM

Informasi dan Pendaftaran

Sdri. Citra Amalia [WA/SMS: 0819-0404-5926]

DOWNLOAD MATERI PRESENTASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *